Hubungi Kami

Tiroid

Pertanyaan tentang Tiroid

Bagaimana deteksi dini kanker tiroid?

Sebagian besar kanker tiroid ditemukan dini dan mendapatan pengobatan dengan baik dibandingkan dengan masa lalu, dimana sebagian besar keluhan awalnya berupa benjolan pada leher. Sehingga diharapkan apabila Anda memiliki benjolan atau pembengkakan pada leher, segeralah melakukan pemeriksaan pada dokter Anda. Kanker tiroid ditemukan juga selama pemeriksaan rutin.

Tidak ada pemeriksaan skrining yang dianjurkan untuk menemukan kanker tiroid dini. Kanker tiroid dini terkadang ditemukan ketika seseorang melakukan pemeriksaan USG untuk masalah kesehatan lainnya, seperti penyempitan arteri karotid (pembuluh darah yang melewati leher untuk memasok darah ke otak) atau kelenjar paratiroid yang membesar atau hiperaktif.

Pada pemeriksaan USG tiroid atau laboratorium darah dapat menemukan perubahan pada kelenjar tiroid, tetapi pemeriksaan ini tidak direkomendasikan sebagai pemeriksaan skrining untuk kanker tiroid dini kecuali seseorang dengan peningkatan risiko  seperti memiliki riwayat keluarga dengan kanker tiroid tipe medular (Medullary Tthyroid Carcinoma/ MTC) dengan atau tanpa tipe 2 neoplasia endokrin multiple (MEN 2). Dokter Anda akan menyarankan pemeriksaan genetik untuk melihat apakah membawa perubahan gen terkait dengan MTC dan pemeriksaan USG tiroid atau laboratorium darah untuk membantu menemukan MTC dini.

Beberapa dokter juga merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan leher mereka dua kali setahun untuk melihat dan merasa apakah ada pertumbuhan atau benjolan.