Hubungi Kami

Tiroid

Pertanyaan tentang Tiroid

Apakah saya terkena kanker tiroid? Apakah yang dapat menyebabkan kanker tiroid?

Penyebab kanker tiroid masih belum jelas tetapi dengan memiliki faktor resiko maka kemungkinan Anda untuk terkena kanker tiroid menjadi lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki faktor resiko. Tetapi tidak memiliki faktor risiko, belum berarti Anda tidak akan terkena kanker tiroid. Masih belum diketahui secara pasti seberapa banyaknya faktor risiko berperan terhadap angka kejadian kanker tiroid. 

Faktor risiko kanker tiroid terbagi menjadi dua kelompok, yaitu tidak dapat dihindari (unpreventable) dan yang dapat dihindari (preventable).

Faktor risiko kanker tiroid yang tidak dapat dihindari (unpreventable)

  • Usia dan Jenis Kelamin
    Kanker tiroid  terjadi 3 kali lebih sering pada wanita dibandingkan pada pria. Kanker tiroid terjadi pada semua usia, tetapi puncaknya pada wanita paling sering terjadi di usia antara 40-60 tahun dan pada laki-laki di usia 60-80 tahun.
  • Riwayat Keluarga
    Memiliki keluarga (orang tua, kakak, adik, atau anak) dengan kanker tiroid akan meningkatkan risiko terkena kanker tiroid. Masih belum jelas dasar genetik yang mempengaruhi faktor resiko tersebut.

 

Faktor resiko kanker tiroid yang dapat dirubah (preventable

  • Asupan Rendah Yodium

Kanker tiroid tipe folikular lebih sering terjadi di daerah dengan asupan rendah yodium misalnya di dataran tinggi. Asupan rendah yodium juga dapat meningkatkan risiko kanker tiroid tipe papiler apabila orang tersebut terkena paparan radiasi. 

  • Paparan Radiasi

Paparan radiasi merupakan faktor risiko yang terbukti menyebabkan kanker tiroid. Sumber radiasi tersebut termasuk pengobatan medis tertentu dan dampak radiasi dari kecelakaan pada pembangkit listrik atau senjata nuklir. Pemeriksaan radiologi seperti X-ray dan CT scan akan menimbulkan paparan radiasi untuk anak-anak, tetapi dengan dosis paparan yang lebih rendah, sehingga belum jelas seberapa banyak meningkatkan risiko terkena kanker tiroid (atau kanker lainnya).