Hubungi Kami

Tiroid

Pertanyaan tentang Tiroid

Apakah kanker tiroid itu?

 

Kanker dimulai ketika sel di tubuh berkembang diluar kendali. Sel di seluruh bagian tubuh berpotensi menjadi kanker dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kanker tiroid adalah kanker pada kelenjar tiroid, dimana terjadi perubahan bentuk dan ukuran dari kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid berbentuk kupu-kupu yang terletak dibawah jakun, pada umumnya tidak dapat dilihat maupun dirasakan. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda dalam banyak cara, termasuk seberapa cepat Anda membakar kalori dan seberapa cepat jantung Anda berdenyut.

Di Indonesia, kanker tiroid ditemukan 8 kasus per 100.000 penduduk dengan kematian hampir 50% kasus baru tiap tahunnya yaitu 3 kasus per 100.000 penduduk per tahun (Globocan, 2012). Dimana angka kejadiannya cenderung semakin meningkat dengan kecenderungan usia yang semakin muda. Dengan demikian diharapkan dengan deteksi melalui pemeriksaan penunjang (USG tiroid, dll) dan penanganan yang lebih dini dapat meningkatkan angka harapan hidup penderita dengan kanker tiroid.