Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Bagaimana cara mendeteksi kanker payudara sejak dini?

Dalam dekade terakhir penanganan kanker payudara telah menunjukkan kemajuan yang sangat berarti. Di Indonesia, kematian akibat kanker payudara telah menurun setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena kanker payudara telah ditemukan lebih dini, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Sayangnya, belum semua sahabat perempuan mengetahui fakta ini sehingga seringkali terlambat berobat. Untuk itu Program Deteksi Dini telah menjadi sebuah keharusan, dimana terdapat langkah-langkah pencegahan agar tidak terlambat penanganannya. 

  • SADARI (perikSA payuDAra sendiRI)

Mengenal payudara sendiri dengan memeriksa payudara sendiri (SADARI) 1 bulan sekali satu minggu setelah masa menstruasi berakhir. Caranya, yaitu 

  1. Dengan melihat payudara pada cermin dan menilai kesimetrisan, bentuk, kelainan di kulit dan puting serta tanda-tanda lain yang tidak seperti biasanya.
  2. Dengan meraba seluruh bagian payudara sesuai yang dianjurkan untuk merasakan ada sesuatu di dalam payudara yang tidak biasa atau adanya cairan dari puting susu.
  • Berbaring dan menaruh bantal pada sisi payudara yang akan diperiksa. Posisi lengan pada sisi payudara yang diperiksa diletakkan di belakang kepala
  • Dengan tangan yang bebas, gunakan 3 jari dalam posisi jari sejajar dengan payudara (bukan tegak lurus) untuk memeriksa  seluruh area payudara. Tekan dengan gerakan memutar dan naik-turun, awali dari daerah ketiak turun ke bawah lalu naik lagi. Sampai seluruh area payudara terperiksa termasuk daerah puting susu
  • Pada perabaan, rasakan keseragaman kontur payudara. Jika merasakan sesuatu yang tidak wajar, perhatikan baik-baik dan ulangi serta bandingkan dengan daerah lainnya. Bila perlu catat dan ulangi pada pemeriksaan rutin bulan berikutnya atau segera memeriksakan diri ke dokter
  • Kelainan yang teraba dapat berbentuk benjolan yang agak keras dan tidak menghilang setelah dua kali siklus menstruasi. Jangan tunggu, segera memeriksakan diri ke dokter jika benjolan tidak hilang, atau benjolan tumbuhsemakin besar, atau ada cairan keluar dari puting.

PANDUAN AMERICAN CANCER SOCIETY (ACS) Untuk SADARI

20 - 50 tahun               Lakukan prosedur SADARI sebulan sekali, 7 hingga 10 hari sesudah menstruasi mulai.

> 50 tahun                   Lakukan prosedur SADARI pada hari yang sama setiap bulannya.

 

  • PERIKSA KE DOKTER AHLI PAYUDARA

Walaupun tidak ada keluhan di payudara, mulailah memeriksakan diri ke dokter ahli payudara sejak usia 20 tahun, khususnya bila mempunyai riwayat keluarga yang mempunyai kanker payudara. Bagaimanapun, dokter lebih mengetahui apa yang harus diperiksa pada payudara, mempunyai kepekaan terhadap kelainan  dalam payudara yang lebih tinggi dan segera mendiagnosis serta mengarahkan pada pemeriksaan lain yang diperlukan jika menemukan kelainan pada payudara.

PANDUAN AMERICAN CANCER SOCIETY (ACS) Untuk Periksa ke Dokter Ahli Payudara

20 - 40 tahun               Setiap satu - tiga tahun sekali

> 40 tahun                  Satu tahun sekali

 

  • PEMERIKSAAN SKRINNING MAMMOGRAFI

Pemeriksaan Mammografi di Rumah Sakit Onkologi Surabaya menggunakan Digital Mammografi sehingga dapat mendeteksi kanker payudara dengan ukuran < 4 mm (bintik-bintik kapur/mikrokalsifikasi). Skrinning Mammografi dilakukan pada usia > 35 tahun dan 7 hari setelah berhenti menstruasi.Sampai saat ini mammografi adalah alat skrining/deteksi dini kanker payudara yang paling terpercaya. Mammografi dapat mendeteksi kanker payudara yang berukuran amat kecil, yang belum teraba oleh tangan seorang ahli. Pemeriksaan mammografi untuk skrining dilakukan pada wanita 35 tahun ke atas, 7 sampai 10 hari sesudah menstruasi selesai agar payudara tidak nyeri saat dilakukan penekanan oleh alat mammografi. Pada wanita yang lebih muda dilakukan USG payudara sebagai sarana skrining.

PANDUAN AMERICAN CANCER SOCIETY (ACS) Untuk Mammografi

35 - 40 tahun               Mammografi pertama

40 - 50 tahun               Setiap sekali atau dua kali dalam setahun.

> 50 tahun                  Setiap tahun

Lakukan mammografi di tempat yang tepat. Breast radiologist yang dianggap kompeten adalah yang telah membaca >500 mammografi/tahun dan melakukan USG payudara >1000 kali/tahun.

 

  • PEMERIKSAAN SKRINNING USG PAYUDARA

Pemeriksaan USG Payudara bergantung dari dokter radiologi yang memeriksa (operator dependent). Di Rumah Sakit Onkologi Surabaya, pemeriksaan USG payudara dilakukan oleh dokter radiologi khusus payudara (Breast Radiologist) yang sudah memiliki sertifikat dan telah melakukan pemeriksaan USG payudara pada lebih dari 1000 orang pasien dalam setahun. Ketelitian dan ketepatan diagnosis dokter radiologi diukur secara berkala dengan menghitung kecocokan diagnosis yang dilaporkan dengan hasil patologi (biopsi atau operasi). Skrinning USG Payudara dilakukan pada usia < 35 tahun.

 

Dengan ditemukannya kanker payudara dalam stadium yang lebih dini, harapan sembuh akan lebih besar dan wanita tidak perlu kehilangan payudaranya (Cancer Journal, 1996)