Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Apa yang harus dilakukan untuk memastikan benjolan tersebut kanker payudara atau bukan?

Jika pada payudara dirasakan ada benjolan, maka tidak perlu panik. Segeralah periksakan diri ke dokter ahli payudara untuk menentukan apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. Untuk memastikan apakah benjolan di payudara itu kanker atau bukan diperlukan beberapa tahapan pemeriksaan yang disebut TRIPLE DIAGNOSTIC PROCEDURE yaitu:

  1. Pemeriksaan fisik payudara yang dilakukan oleh dokter ahli payudara (breast physician/breast surgeon). Di Rumah Sakit Onkologi Surabaya, pemeriksaan payudara dilakukan oleh dokter ahli bedah payudara (breast surgeon) yang diwajibkan telah melakukan lebih dari 50 operasi kanker payudara per tahunnya. Dokter akan menentukan perkiraan jenis kelainan yang dikeluhkan dan PEMERIKSAAN LANJUTAN yang diperlukan (Pemeriksaan Radiologi dan Pemeriksaan Jaringan/Patologi Anatomi).
  2. Pemeriksaan radiologi berupa pemeriksaan USG Payudara, Mammografi atau MRI Payudara. 
  3. Pemeriksaan jaringan (patologi anatomi) berupa pemeriksaan biopsi jarum halus (Fine Needle Aspiration Biopsy/FNAB), jarum besar (core biopsy), atau pengambilan jaringan langsung (biopsi terbuka)

Alur pemeriksaan di Rumah Sakit Onkologi Surabaya untuk memastikan benjolan di payudara: