Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Apa saja jenis kanker payudara?

Tipe kanker payudara ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan MIKROSKOPIS. Ada 2 tipe utama dari kanker payudara, yaitu:

1. Kanker Payudara Non-Invasif

  • DUCTAL CARCINOMA IN SITU (DCIS)

Merupakan kanker payudara non-invasif atau "pra-invasif", yang berasal dari sel saluran susu (duktus). Bila tanpa pengobatan, dengan berjalannya waktu, sel-sel yang abnormal tersebut dapat berubah menjadi invasif – dapat menyebar baik ke jaringan sekitarnya maupun ke organ lain. Karena tidak diketahui bagian mana dari DCIS yang akan berkembang menjadi kanker invasif, maka tindakan bedah, dengan atau tanpa terapi radiasi, merupakan pengobatan yang direkomendasikan.

  • Lobular Carcinoma in Situ (LCIS)

Merupakan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam kantong susu (lobulus) dan belum menyebar ke jaringan sekitarnya. Meskipun bukan kanker payudara invasif,  LCIS merupakan tanda bahaya karena meningkatkan resiko kejadian kanker payudara invasif pada KEDUA payudara.

2. Kanker Payudara Invasif

Kanker payudara invasif adalah kanker yang telah menyebar dari tempat aslinya (baik saluran susu/duktus atau lobulus) ke jaringan payudara sekitarnya, atau ke kelenjar getah bening, atau ke bagian lain dari tubuh. Dengan menggunakan mikroskop, ahli patologi dapat menentukan apakah sebuah tumor merupakan kanker non-invasif (in situ) atau kanker payudara invasif.

Tipe kanker payudara invasif yang lain adalah karsinoma tubular dan mucinous (koloid) yang memiliki prognosis yang lebih baik. Masih banyak tipe lain dari kanker payudara invasif, seperti kanker payudara inflamatori, medular, atau Paget Disease. Masing-masing mempunyai sifat tersendiri. Prognosis dari kanker payudara ditentukan oleh tipe serta sifat-sifat yang dibawa penyakit ini.