Hubungi Kami

Back to Nature…

Oleh Administrator
00148296960029 Des 2016
Blog Dokter

Nature is the best physician, she heals three quarter of all diseases
and never badmouths her colleagues
Louis Pasteur (1822-1895)

Makanan adalah bagian yang paling esensial dklik gambar untuk memperbesaralam kehidupan manusia. Bahan makanan dalam bentuk tumbuh-tumbuhan dan hewan telah hadir seusia bumi ini. Sejak zaman purba, secara instinktif dan tradisional manusia telah dapat memilih dan memilah tumbuhan beracun dan yang bermanfaat. Bahkan telah menemukan tumbuh-tumbuhan yang berguna untuk pengobatan. Alam semesta telah mengatur semua dan sesungguhnya, manusialah yang berkewajiban menjaga keseimbangan bumi. Ironis, kehidupan modern yang serba industri telah merubah segalanya.

Ekologi rusak dan keseimbangan hancur. Makanan yang dulu dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan, kini diproduksi untuk tujuan berbeda, memburu laba. Rekayasa produksi makanan membuat kita tak dapat lagi membedakan mana yang bermanfaat dan mana yang racun. Saat ini, makan bukanlah sekedar kebutuhan, juga merupakan kesenangan yang tak berbatas. Pola penyakitpun berubah, tercatat penyakit kanker meningkat dan meningkat terus. Saat ini kanker telah merupakan masalah kesehatan utama didunia. Benarkah pola makan dan jenis makanan berpengaruh untuk terjadinya kanker?

Angka kejadian kanker wanita Jepang yang tinggal di Jepang tercatat, 315 kasus kanker per 1 juta wanita. Tetapi, kanker payudara wanita Jepang yang tinggal di Hawaii, meningkat hampir 4 x lipat, 1.221 kasus kanker per 1 juta wanita. Mendekati angka wanita kaukasian (kulit putih) di Hawaii (1.869 kasus kanker per1juta wanita).

Dari gambar diatas dapat dilihat, 70% kanker berhubungan langsung dengan gaya hidup seperti: diet, rokok, kurang olah raga, kegemukan. Termasuk disini faktor diet, berpengaruh 30%. Artinya, dengan mengikuti cara hidup yang benar, kita dapat menurunkan angka kejadian kanker secara bermakna. Faktor lain, 30% kanker disebabkan faktor yang sulit dikontrol: faktor keturunan (herediter), lingkungan dan infeksi virus.

MEMILIH DAN MEMILAHklik gambar untuk memperbesar

unthinking eating habit, focused purely on satisfying the need to refuel, is harmful to our health. Diet bukan sekedar mampu membedakan makanan sehat dan tidak sehat semata. Lebih merupakan perang antara mengejar kesenangan dan akal sehat. Ironisnya, banyak orang baru teringat akan diet setelah penyakit menghampiri.

Nah, pelajaran pertama diet adalah disiplin! Kurangi makan diluar dan stop njajan. Mengapa? Memilah lebih sulit dari pada memilih. Makanan dirumah, kitalah yang memilih bahan sampai dengan cara masaknya. Sedangkan makan luar, selera-lah yang memberi komando. Akal sehat menjauh dan kita tidak bisa lagi bicara diet.

PHYTOCHEMICAL
Kebutuhan Nutrisi

Telah lama kita mengenal kegunaan vitamin, mineral dan fiber. Riset terahir di bidang nutrisi menemukan molekul spesifik dalam makanan yang dikenal sebagai Phytochemicals. Bahasa Yunani, phyto berarti tumbuh-tumbuhan. Phytochemicals adalah molekul yang bertanggung jawab memberi warna dan sensasi khusus (organoleptic properties) pada tanaman. Misalnya, warna terang pada buah-buahan, aroma spesifik pada bumbu masak (bawang putih dll). Sebenarnya phytochemicals adalah alat bela diri tanaman terhadap serangan micro-organisme dan serangga luar. Penemuan terahir mengatakan molekul phytochemicals ternyata efektif memberi proteksi manusia terhadap kanker.

 

klik gambar untuk memperbesar

Saat sakit, kita baru sadar bahwa sehat itu sangat berharga. Dan, kita bersedia berbuat segalanya untuk meraih kesembuhan. Ini sering membuat konsumsi vitamin, herbal dan alternatif menjadi tak terkontrol. Tanpa pengetahuan yang memadai semua akan sia-sia. Benarkah suplai vitamin yang berlebihan mempunyai nilai terapi atau preventif untuk kanker? Tidak satu studipun menyatakan bahwa suplai vitamin yang berlebih terbukti bermanfaat mencegah atau mengobati kanker. Bahkan vitamin yang berlebihan dapat membawa efek negatif.

Klik gambar untuk memperbesar

Richard Beliveau PhD mengatakan, tanpa indikasi yang tepat, hentikan konsumsi vitamin dalam bentuk tablet. Buah-buahan, sayuran segar dan bumbu masak sehari-hari sebenarnya adalah gudang vitamin dan phytochemicals yang cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertanyaannya, benarkah kita telah mengikuti pola makan sehat? Dinegara maju, kesadaran hidup sehat saat ini menjadi trend. Konsep dasarnya kembali ke-alam.

Tuhan telah memberikan tubuh yang begitu sempurna untuk kita.
Tuhan telah menganugrahkan alam yang begitu indah dan lengkap. Kewajiban kita hanya menjaga ………
sudahkah kita melakukan yang terbaik untuk tubuh 

Komentar

Artikel Terbaru

Artikel Populer