Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Apakah saya dapat mencegah terjadinya kanker payudara?

Kanker payudara tidak dapat dicegah tetapi dengan gaya hidup sehat dapat menurunkan faktor resiko terkena kanker payudara dan yang tak kalah pentingnya ialah DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA.

GAYA HIDUP SEHAT CEGAH KANKER

Kanker payudara memang belum diketahui penyebabnya, sehingga belum dapat dilakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit ini. Beberapa faktor risiko kanker payudara, seperti riwayat keluarga, tidak dapat kita hindari. Namun, ada beberapa gaya hidup yang dapat memperkecil risiko untuk terkena kanker payudara, antara lain:

Pertahankan berat badan ideal

Berat badan berlebih atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara, khususnya apabila kegemukan terjadi setelah menopause. Obesitas pada menopause meningkatkan produksi hormon estrogen di luar indung telur, yang berisiko menimbulkan kanker payudara.

Bergeraklah

Aktif bergerak membantu tubuh tetap sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Lakukan setidaknya olah raga aerobik ringan 150 menit per minggu atau latihan aerobik berat 75 menit per minggu, dan latihan penguatan setidaknya 2x seminggu.

Olah raga ringan adalah aktifitas yang membuat nafas menjadi cepat seperti saat berjalan cepat. Bersepeda atau melakukan kegiatan rumah tangga dan berkebun yang berat dapat dimasukkan dalam kegiatan olah raga ringan.

Olah raga berat adalah olah raga yang melibatkan otot-otot besar dan menyebabkan denyut jantung dan nafas menjadi lebih cepat, juga menyebabkan pengeluaran keringat. Pergunakan tangga saat di kantor daripada mengunakan lift. Batasi kebiasaan melakukan kegiatan yang monoton seperti duduk, berbaring, menonton televisi, atau kegiatan lain yang mengharuskan melihat pada monitor dalam waktu yang lama. Dengan bergerak aktif sirkulasi hormon dalam tubuh akan lebih baik dan sistem imun tubuh juga meningkat.

Menyusui

Semakin lama menyusui efek perlindungannya akan semakin besar . Alasannya adalah dengan menyusui  sel kelenjar payudara lebih tahan terhadap perubahan, masa ovulasi ditunda lebih lama sehingga ekpos terhadap hormon estrogen berkurang. Selain itu ibu menyusui umumnya lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat yang menjaga berat badan di titik ideal.

Batasi dosis dan lamanya penggunaan terapi hormonal

Penggunaan terapi hormonal kombinasi selama 3 sampai 5 tahun meningkatkan risiko kanker payudara. Untuk gejala menopause yang berat gunakan dosis terendah yang masih bermanfaat, namun yang paling baik adalah mengontrol gejala dengan terapi non hormonal seperti olah raga.

Diet Sehat

Walaupun makanan sehat yang kaya serat seperti sayur dan buah belum terbukti melindungi dari kanker payudara, namun, dengan banyak makan sayur, buah dan makanan rendah lemak, berat badan akan terjaga ideal dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan beberapa kanker lain.

Tidak ada satupun makanan yang dapat mencegah tubuh terkena kanker. Tidak mudah menemukan hubungan antara diet sehat dengan kanker, karena begitu beragamnya faktor yang terlibat dan kanker sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang.

Diet sehat seimbang yang dianjurkan untuk menurunkan risiko terkena kanker adalah:

  1. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur setidaknya 5 porsi per hari, termasuk jus buah segar.
  2. Pilih sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan rendah kalori lain daripada kentang goreng, kentang, kripik, es krim, donat, dan makanan-makanan manis lainnya.
  3. Pilih roti, pasta, dan sereal dari gandum daripada roti, pasta dan sereal yang berasal dari bahan terigu yang sudah dihaluskan.
  4. Pilih ikan, unggas, atau kacang-kacangan daripada daging merah (sapi, kambing, babi)
  5. Batasi makan daging  dalam porsi  dan irisan kecil saja.
  6. Masak daging, unggas, dan ikan dengan cara merebus, mengukus atau memanggang daripada di goreng atau dibakar.
  7. Batasi mengkonsumsi makanan yang berasal dari daging yang di proses seperti sosis dan hot dog.
  8. Baca label makanan , hati-hati ! “low-fat” atau “non-fat” tidak berarti “low-calorie”.
  9. Batasi mengkonsumsi minuman yang mengandung gula tinggi seperti soft drink, sport drink, dan minuman berasa buah kemasan.

Melaksanakan gaya hidup sehat di komunitas kita

Melakukan gaya hidup sehat akan lebih mudah bila lingkungan di tempat tinggal, tempat kerja , atau sekolah kita mendukung kebiasaan hidup sehat.

Kita semua dapat menjadi agen perubahan dengan mengajak keluarga, sahabat dan orang orang terdekat untuk melakukan pola hidup sehat. Mulailah dengan meminta pilihan menu sehat di kantor dan di sekolah. Setidaknya untuk satu makanan berkalori tinggi disediakan pilihan makanan sehat berserat dan rendah kalori.

Bantu lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja atau sekolah menjadi lingkungan yang aman dan sehat dengan membangun bangunan yang memungkinkan untuk banyak bergerak, bebas polusi asap rokok dan kendaraan, asri,   juga teduh.

TIPS SEHAT

  • Kurangi berat  badan yang berlebih
  • Pilih makanan sehat
  • Olah raga teratur
  • Bantu menciptakan lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, dan tempat belajar yang sehat.

 

Kanker payudara yang amat dini tidak memberikan tanda dan gejala. Tidak ada gejala bukan berarti tidak ada kanker di payudara.