Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Apakah ada efek samping dari tindakan pembedahan pada kanker payudara?

Efek samping pembedahan berbeda pada setiap penderita kanker payudara tergantung dari jenis tindakan pembedahan yang dilakukan. Dengan kontrol dan perawatan setelah operasi yang teratur dapat meminimalkan efek samping dari pembedahan. Berikut ini efek samping pembedahan dari kanker payudara:

  • Seroma

Adalah cairan yang dihasilkan oleh jaringan luka operasi. Cairan ini normal terjadi pada setiap luka operasi, banyaknya tergantung luasnya daerah operasi. Cairan di daerah operasi pengangkatan jaringan payudara umumnya cukup banyak, sehingga diperlukan penyaliran dengan menggunakan selang drain. Selang drain akan dilepas bila produksi cairan sudah kurang dari 50cc per hari. Kadang-kadang setelah selang drain dilepas dapat terjadi tumpukan cairan seroma, sehingga perlu dikeluarkan melalui cara penyedotan dengan jarum suntik.     

  • Kekakuan Bahu 
    Rasa nyeri setelah operasi menyebabkan beberapa pasien takut untuk menggerakkan bahu. Olahraga teratur dengan gerakan tertentu dapat mencegah kekakuan bahu yang berkepanjangan. Bila diperlukan, dokter akan meminta bantuan fisioterapis.
  • Kebas Lengan
    Pembedahan secara tidak langsung dapat menyebabkan beberapa saraf ikut terpotong, hal ini menyebabkan lengan ataupun bahu terasa kebas (mati rasa). Seiring waktu sensasi kebas akan berkurang secara perlahan.
  • Mudah Lelah
    Sering merasa lelah setelah menjalani terapi merupakan hal yang wajar. Ditambah dengan efek emosional paska operasi rasa lelah dapat muncul lebih sering. Beristirahatlah apabila merasa lelah.
  • Lymph Edema
    Salah satu efek samping operasi kanker payudara yang melibatkan pengangkatan kelenjar getah bening ketiak adalah pembengkakan lengan yang disebut lymph edema. Untuk mencegah terjadinya hal ini dilakukan prosedur sentinel biopsi node untuk menghindari pengangkatan seluruh kelenjar getah bening yang seharusnya tidak perlu.

 PERHATIAN

 Untuk mencegah terjadinya lymph edema :

  1. Perlakukan lengan pada sisi payudara yang dioperasi sebagai the golden hand.
  2. Hindari lengan tertindih, tertekan, tertusuk atau terkena trauma (termal maupun mekanik).
  3. Pakailah sarung tangan karet bila berkebun atau bekerja dengan benda tajam 
  4. Bila terluka, segera cuci bersih dan hubungi dokter agar diberikan salep antibiotika dan terapi lain yang diperlukan.

 

http://medicureassist.com/