Hubungi Kami

Payudara

Pertanyaan tentang Payudara

Apa yang harus saya lakukan apabila saya terdiagnosa kanker payudara?

Kanker payudara adalah kanker yang telah memiliki standar terapi internasional dengan hasil yang baik. Sejak tahun 1990-an angka harapan hidup penderita kanker payudara terus meningkat. Berita baiknya, apabila kanker payudara dideteksi dan ditangani secara dini maka angka kesembuhannya mencapai 98% (pada stadium 0 dan 1).

Langkah pengobatan pada kanker payudara berbeda pada setiap penderita. Di Rumah Sakit Onkologi Surabaya, kami melakukan perencanaan langkah pengobatan bersama Tim Medik Rumah Sakit Onkologi Surabaya (yang terdiri dari Breast Surgeon/ Dokter Ahli Payudara, Breast Radiologist/ Dokter Ahli Radiologi Khusus Payudara, Pathologist/ Dokter Ahli Patologi Anatomi, Hemato-oncologist/ Dokter Ahli Hemato-Onkomedik, Breast Physician/ Dokter Umum Khusus Payudara, dan Breast Nurse/ Perawat Khusus Payudara) yang sesuai dengan standar diagnosis dan terapi kanker payudara yang baku (Panduan penanganan kanker payudara dari National Comprehensive Cancer Network (NCCN) yang digunakan di seluruh pusat kanker dunia) serta dikondisikan sesuai keadaan penderita.

Langkah pengobatan secara umumnya, terdiri dari:

  1. Menghilangkan kanker payudara dari dalam tubuh (local control) yang dilakukan dengan pembedahan (apabila diperlukan dilakukan rekontruksi) dan radiasi (apabila dilakukan pembedahan dengan teknik Breast Conserving Therapy).
  2. Mengontrol supaya kanker payudara tidak berulang kembali yang dilakukan dengan pemberian kemoterapi, terapi hormonal, atau terapi target.


www.nationalbreastcancer.org